NEWS UPDATE :  

Sejarah

Sejarah

PROFIL SMA ISLAM AL AZHAR 6

 SMA Islam Al-Azhar 6 berdiri sejak tahun 2003 di kota Serang dibawah naungan Lembaga Pendidikan Tirtayasa (Lapenta Banten). Pada tahun 2012 SMA Islam Al Azhar 6 pindah ke Cilegon dengan dibawah naungan Yayasan Pendidikan Krakatau Steel (YPKS), secara umum mengalami perubahan, proses belajar mengajar yang selama ini sudah memiliki gedung sendiri dan sarana lengkap berubah menjadi proses belajar mengajar sementara menumpang di SMP Islam Al Azhar 27. Baru pada semester 2 tahun pelajaran 2012/2013 pindah ke gedung milik SMA Islam Al Azhar 6 di Jl. Oxigen Kompleks Krakatau Steel. Gedung yang berdiri di atas tanah seluas 2,5 Ha. Seiring berjalannya waktu fasilitas sarana dan prasarana semakin lengkap diantaranya; ruang kelas yang memadai dilengkapi dengan AC dan LCD, laboratorium IPA, ruang komputer, ruang kepala sekolah, ruang guru, ruang TU, ruang BK, ruang perpustakaan, ruang UKS, ruang OSIS, kantin, green house sarana olah raga dan sebagainya.

Seiring dengan perubahan kurikulum 2013, yang merupakan penyempurnaan kurikulum 2006, maka SMA Islam Al-Azhar 6, mengikuti program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Adapun sekolah yang menjadi sasaran kurikulum 2013 hanya 4 sekolah untuk Cilegon, yakni; SMA negeri 1, 2, dan 3, serta SMA Al-Islah. SMA Islam Al-Azhar 6 mengikuti program tersebut secara mandiri, karena perubahan itu harus diikuti sebagaimana Firman Allah swt, “ Sesungguhnya Allah tidak akan merubah suatu kaum sampai kaum itu merubah diri-sendiri ” (QS Ar-Ra’du : 11). Perubahan tersebut langung diikuti dengan model pembelajaran Sistem Kredit Semester (SKS). SMA Islam Al Azhar 6 menjadi sekolah satu-satunya di Banten yang memakai kurikulum 2013 dengan pembelajaran model SKS.  Dengan menerapkan SKS ini maka sekolah telah memenuhi hak murid untuk mendapatkan pelayanan pendidikan sesuai minat, bakat, kemampuan dan kecepatannya dalam menyelesaikan program pendidikannya seperti yang diamanatkan oleh Undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Penerapan SKS memberikan konsekuensi murid dapat menyelesaikan studynya dalam waktu kurang dari 6 semester (3 tahun). Sampai tahun pelajaran ini SMA Islam Al Azhar 6 sudah meluluskan 4 angkatan yang menyelesaikan studynya dalam waktu 4 semester ( 2 tahun) dan sebagian dari mereka telah diterima di PTN/PTS terkemuka. 

Program-program pembelajaran di SMA Islam Al Azhar 6 mengintegrasikan antara kurikulum YPI Al Azhar dengan Kemendikbud yang diramu dan dikembangkan disesuaikan dengan situasi dan kondisi sekolah dan lingkungan sekitar dengan mengedepankan penumbuhan karakter Islami, penanaman akhaqul karimah dan pengembangan pribadi muslim yang berdasar pada Al Quran dan Al Hadits, yang terealisasi kedalam program-program berikut : Sholat dzuhur dan ashar berjamaah, sholat jumat, sholat dhuha dan rawatib, program tahfidz, tausyiah/khutbah, amaliyah Ramadan, ujian praktik agama, keputrian, super camp, pendalaman materi, semester pendek, matrikulasi peminatan, psikotes, bimbingan konseling dan karir, bimbingan olimpiade, LDKM, LLK, study tour dan kunjungan kampus, unjuk kreasi al azhar se Indonesia, olimpiade sains al azhar se Indonesia, sekolah adiwiyata, bermacam-macam ekstrakurukuler.

Sejak meluluskan tahun 2006 alumni SMA Islam Al Azhar 6 sudah banyak tersebar di berbagai PTN/PTS terkemuka diantaranya : UI, UNJ, UIN, Unpad, IPB, UPI, Poltekes, Unsoed, UGM, Undip, UNS, ISI, UB, Unair, ITS, Unsri, Unila, Unud, UM,  Swiss Germany, Trisakti, UII, Yarsi, Univ. Telkom dll.

Viedo Profil Sekolah
Masih di buka PPDB SMA Islam Al Azhar 6 Cilegon